Monday, February 23, 2009

Valkyrie

Berhubung gw yah sedikit banyak suka sama mas Tom Cruise, jadi setiap filmnya jadi kewajiban yang harus ditonton (urutan kesekian setelah shalat dan mengaji tentunya, hehe..). Belum lagi film ini syarat muatan sejarahnya dan tentu saja berdasarkan kisah nyata.
Film ini mengisahkan tentang salah satu usaha untuk membunuh Hitler sang diktator dan menghentikan pemerintahan Nazi. Stauffenberg (Tom Cruise) sebagai sosok yang setia pada jerman (bukan pada Fuhrernya yang diktator), bersama timnya, menggunakan strategi Operasi Valkyrie milik Hitler sendiri untuk membunuh sang diktator dari dalam.
Secara rahasia, dalam rencana ini terkumpul orang-orang yang berpikiran sama. Mereka merencanakan strategi pembunuhan saat briefing bersama Hitler, lalu setelah Hitler dipastikan mati maka dilancarkanlah operasi Valkyrie. Valkyrie disini, merupakan pasukan cadangan yang akan diturunkan untuk melindungi pemerintahan kala terjadi kondisi darurat. Namun, rencana tidak sesuai dengan harapan, Hitler tidak sampai terbunuh lalu terungkaplah rencana pembunuhan ini sebagai pengkhianatan terhadap Fuhrer yang berujung eksekusi mati Stauffenberg dkk (ups..spoiler, hehe).
Rencana pengkhianatan terhadap Hitler bukan kali ini saja terjadi. Stauffenberg dkk seperti ingin menunjukan pada dunia, bahwa tidak semua orang Jerman seperti Hitler dan di Jerman sendiri banyak yang tidak sepakat dengan caranya memimpin.
Selain latar suasana perang, dalam film ini tergambar juga emosi cinta seorang suami sekaligus ayah terhadap keluarganya, juga singgungan antara politik dan peperangan.
Sebagai bahan renungan, bahwa mencintai tanah air itu menempatkan kepentingan rakyat dan negara, bukan dengan buta hati mengkultuskan seseorang atau sesuatu secara berlebihan (dalam hal ini pemimpin).
Untuk apa sih perang? memang kita setiap individu dalam suatu negara bermusuhan dengan negara lainnya? atau perang hanyalah salah satu pengejawantahan politik pemerintah yang memimpin?hoho.....

*Valkyrie berasal dari bahasa mitologi Skandinavia yang artinya pemilih siapa yang akan terbunuh

0 komentar: