Thursday, February 19, 2009

The woman who gave birth to her mother

Pasti waktu denger judul ini bertanya-tanya, hah kok bisa? (hehe pede..). Judul di atas bukan fenomena dunia yang sedang terbalik hingga seorang anak bisa memberi kelahiran pada ibunya secara harfiah :p.
15 januari kemarin, gw dapet buku paling spesial yang pernah gw punya ;)..judulnya “The woman who gave birth to her mother” karya Kim Chernin. Yuk mari kita ulas sedikit disini..
Buku ini menawarkan paradigma baru mengenai pengembangan diri seorang wanita (women's development) sebagai sosok yang dewasa, kreatif, dan pribadi yang bebas. Giving birth to one's mother merupakan simbol pembentukan diri yang membuka pintu kemandirian dan pencapaian. Faktanya, hal tersebut menjadi transisi yang penting dimana wanita akhirnya belajar untuk membebaskan dirinya.
Nah, di buku ini ada 6 kisah nyata, yang semuanya diceritakan oleh sang anak tentang ibu mereka masing-masing. Ada tentang wanita yang diadopsi dan dalam perjalanan mencari ibu kandungnya, ada tentang penderitaan wanita yang mengalami pospartum depression turun temurun bahkan leluhurnya ada yang sampai gila, ada tentang wanita yang dihantui suara anaknya yang oleh ibunya dinyatakan sudah mati padahal masih hidup. Huff, mari menarik nafas dulu (hehe..). Masing-masing cerita memiliki kedalaman dan diceritakan dengan deskripsi kondisi psikis yang khas dari si penceritanya.
Jika dirangkum, Mother story ini dalam proses transformasi seorang wanita terjadi dalam 7 tahap, yaitu : idealizing, revision, blaming, forgiving, identifying, letting go, dan terakhir giving birth. Setiap tahap dalam Mother story berpotensi dalam perubahan radikal masing-masing wanita, melalui penemuan, penghidupan kembali, dan pengeluaran emosi implisit tentang kisah ibu yang tergerak dari kisah naratif ke dalam tahap tahap kemajuan psikologis yang secara gradual membebaskan pencerita dari masa lalu yang tak terungkapkan. Hingga akhirnya, masing-masing cerita yang awalnya penuh kekecewaan diakhiri dengan maaf dan pengertian, ada yang diakhiri dengan tindakan nyata untuk bergerak mengubah kondisi kehidupan, dst...(hehe, nanti terlalu lengkap untuk sebuah resensi).
So, giving birth disini berarti setiap pencerita menemukan, menghasilkan, dan tergerak dalam pandangan yang baru terhadap hubungan dengan ibunya yang secara tidak sadar juga mengubah kehidupan si anak atau pencerita itu sendiri..

Yah semoga jadi inspirasi, karena tentang ibu, tentang anak selalu lekat di hati dan menjadi bagian hidup yang tak terpisahkan...


"Every mother contains her daughter in herself and every daughter her mother, and every woman extends backward into her mother and forward into her daughter. " - Carl Jung -


0 komentar: