Monday, June 15, 2009

100 Kesalahan Wanita dalam Merawat Tubuh

Buku ini diterjemahkan dari bahasa Arab, Akhtha’ al-Banat fi al-‘Inayati bi al-Busyrah wa asy-Sya’r wa al-Mikyaj karya Dr. Aiman al-Husaini.

Di tengah maraknya penggunaan kosmetik buatan pabrik yang bahkan tidak sedikit yang berbahaya, beresiko tinggi dan mahal, buku ini menawarkan penggunaan kosmetik dengan bahan-bahan alami sederhana di sekitar kita. Kosmetik digunakan untuk pembersih, kecantikan, meningkatkan penampilan tanpa mempengaruhi struktur dan fungsi tubuh. Tetapi penggunaan kosmetik tersebut terkadang tidak dibarengi pengetahuan mengenai tubuh dan karakteristiknya. Padahal tubuh ini memerlukan perawatan tersendiri yang sesuai dengan karakteristik per bagian tubuh itu sendiri.

Buku ini memaparkan pengetahuan tentang karakteristik tubuh mulai dari rambut, kulit, payudara, gigi, kuku, wajah, leher, tangan, hingga kaki. Selain itu, dipaparkan pula kesalahan yang biasa dilakukan para wanita dalam merawat dan mempercantik diri, lalu menyajikan tips dan trik perawatan tubuh dengan menggunakan bahan alami tanpa risiko yang mudah dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan bahan alami tersebut dilengkapi panduan dalam penyiapan dan pembuatannya sehingga menjadi kosmetika alami yang bermanfaat bagi tubuh. Selain bagaimana merawat, buku ini juga memberikan informasi dalam menghindari permasalahan yang mengurangi kecantikan serta merusak penampilan kita. Maka dengan buku ini, kaum wanita menyadari kesalahan mereka lalu melakukan yang terbaik bagi tubuh mereka.

Berikut sedikit ulasan penting yang diambil dari buku ini :

TENTANG RAMBUT
  • Salah jika menggunakan sampo yang tidak tepat dengan kondisi dan jenis rambut. Pilih yang tepat, tidak berefek keras, dan berkualitas.
  • Jangan biarkan rambut sering dalam keadaan basah, memelintir, menyisir atau menata rambut yang basah karena memberi peluang untuk bercabang dan rontok (rambut basah lebih lemah sekitar 30 % daripada saat kering).
  • Berkeramas terlalu sering atau berlebihan dapat menghilangkan lapisan minyak rambut (sebum) alami yang berfungsi melembutkan rambut sehingga rambut kering dan kusam lalu rentan terhadap berbagai gangguan rambut.
  • Rambut akan mudah rusak jika sering diremas dan disentuh karena akan membuat lapisan kutikula rambut tegang dan mengeras lalu rambut bercabang dan rusak. Maka jangan berlebihan dalam merapikan dan menyisirnya atau terlalu keras dan kasar saat menyisir dan menatanya dalam berbagai gaya.
  • Penggunaan aksesori (jepit, ikat, rol, sisir, dsb) secara berulang-ulang di tempat yang sama lalu diikat dengan tekanan kuat dan dilepas secara kasar dapat merusak lapisan kutikula rambut sehingga rambut lebih mudah bercabang dan rontok.
  • Sering memanaskan rambut dengan penguap, pengering dan rol pemanas dapat menyebabkan pergeseran beberapa bagian kutikula rambut sehingga memicu timbulnya lubang-lubang kecil yang menjadi jalan masuk air atau benda lain ke dalam rambut. Selain itu, dapat menyebabkan rontok yang membuat rambut semakin lemah serta mudah pecah dan patah. Maka gunakan pemanas hanya dalam kondisi terpaksa dan beri jarak minimal 15 cm.
  • Penggunaan minyak rambut seperti minyak zaitun ternyata bisa melembabkan rambut dan membuatnya lebih mudah diatur (kebanyakan wanita menolak pemakaian minyak rambut).
  • Tidak benar anggapan bahwa sering memotong rambut bisa membuat rambut jadi tebal. Kenyataannya adalah ketika rambut dipotong maka rambut akan tumbuh lagi dalam keadaan tumpul di bagian ujungnya sehingga akan terlihat lebih tebal. Rambut yang tipis dari sejak lahir tidak akan berubah menjadi tebal meski dengan berbagai cara.
  • Jika uban dibiarkan di kepala maka akan menulari rambut sekitarnya. Hal tersebut menjadi alasan mencabuti uban padahal tindakan tersebut tidak beralasan karena justru dapat menyebabkan kebotakan akibat akar rambut ikut tercabut lalu rambut tidak akan dapat tumbuh lagi.
  • Satu-satunya cara mengatasi rambut bercabang adalah dengan memotongnya, tidak ada sampo yang mampu menghilangkannya.
  • Rambut yang sering tertarik oleh sikat akan mudah patah dan bahkan rontok, lupakan anggapan menyikat rambut membuat rambut tumbuh subur, lebat, dan tebal, atau bahkan membuat sirkulasi darah di kepala lancar. Menyikat rambut ditujukan untuk meyebarkan sebum ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala sekaligus membersihkan kotoran yang menempel.
  • Rambut yang dipaksa dijalin, diikat kencang, dikepang sesuai selera akan menyiksa rambut.
  • Perawatan rambut tidak hanya tentang sampo dan kondisioner tapi juga konsumsi makanan yang berkualitas dan bergizi yang sudah pasti membantu perawatan dan pertumbuhan rambut (susu, telur, yoghurt, ragi, makanan kaya zat besi).
  • Mengulung-ngulung rambut dengan jari tangan dapat merusak dan memancing kerontokan rambut.
  • Menyembunyikan ketombe dengan pemakaian pelembab seperti minyak rambut atau pomade hanyalah sementara dan bukan menghilangkannya karena ketombe tidak berhubungan dengan kekeringan melainkan penyakit radang kulit kepala. Gunakan sampo yang mengandung salicylic acid zinc, selenium sulfat, dan tar.
  • Jangan lupakan perawatan kulit kepala, pijat dengan ujung-ujung jari untuk memperlancar aliran darah.
  • Pengubahan model dan bentuk rambut atau memaksa rambut ke arah yang tidak sesuai dengan arah alaminya dapat menyebabkan rambut mudah patah atau pecah-pecah atau bahkan mengalami kerusakan permanent.
  • Keramas akan membersihkan minyak alami kulit kepala, debu, dan berbagai macam kotoran di kepala. Keberadaan minyak alami, kotoran dan debu tersebut meminimalisir daya serap bahan kimia ke dalam kulit kepala. Maka, mengecat rambut ketika rambut basah dan bersih atau setelah keramas akan memungkinkan penetrasi bahan kimia yang berlebih yang tentu akan merusak fungsi sel di kulit kepala.
Salah satu ramuan pembasmi ketombe:
Ramuan susu murni
Bahan : Susu bubuk 2 sendok makan dan air secukupnya
Cara membuat dan menggunakan : Rendam 2 sendok makan bubuk susu murni dalam air secukupnya semalam suntuk. Lalu aduk merata untuk mendapatkan adonan. Lalu usapkan adonan secara merata ke seluruh bagian rambut sampai ke kulit kepala. Biarkan selama ½ jam. Terakhir cucilah rambut dengan sampo.

* Kutikula : lapisan terluar rambut, terdiri dari sel-sel keratin pipih, bertugas menjaga pertumbuhan batang rambut dari dalam.
* Sebum : kelenjar minyak, lemak yang diproduksi oleh kelenjar sebasea di kulit kepala, berfungsi melembutkan dan melembatkan rambut.

to be continued...

0 komentar: