Tuesday, June 23, 2009

Tips membedakan kosmetik asli dan palsu

Maraknya kosmetik berbahaya dan ilegal ataupun palsu, membuat kita menjadi lebih waspada dalam memilih produk. Berikut tips-tips membedakan kosmetik asli dengan yang palsu :

1. Perhatikan harga jual
Jika harga tidak wajar, misalkan terlalu murah maka berhati-hatilah.

2. Pilih produk yang memiliki nomor registrasi BPOM
Setiap produk, baik itu obat, makanan, atau kosmetik yang beredar wajib mencantumkan nomor izin edar atau nomor registrasi BPOM yang menjamin produk tersebut aman dan asli.

3. Baca kandungan produk
Ketahui keamanan kandungan dan bahan yang digunakan suatu produk, yang bisa dilihat pada wadah dan kemasan. Bahan berbahaya yang dilarang dipakai di kosmetik oleh BPOM antara lain merkuri, hidrokinon, asam retinoat/tretinoin atau tretinoin acid, juga Rhodamin B.

4. Kenali varian produk
Kenali varian produk atau kemasan. Biasanya produk palsu menggunakan kemasan yang berbeda, misalnya kalau produk asli memakai bahan kaca, produk palsunya memakai bahan plastik.

5. Beli di tempat terpercaya
Biasakan untuk membeli produk di toko atau gerai yang sudah terpercaya karena biasanya mereka hanya mengambil produk dari distributor atau pabrik langsung. Banyak retailer kecil yang membeli produk dari sales keliling.

6. Hubungi Customer Service yang tertera di label
Jika ada keraguan atau membutuhkan informasi varian produk yang asli, jangan segan-segan untuk menghubungi Customer Service.

0 komentar: